Cara Menghitung Waktu Lembur

Menurut teman saya untuk menghitung waktu lembur dia kesulitan, atas rekomendasi dari teman inilah saya menulis di blog ini dengan tema Cara Menghitung Waktu Lembur
Yang saya gunakan disini dengan software office Exel,

apa kegunaanya?
Kalau kita kerja di suatu perusahaan, atau pada perusahaan perorangan kita lembur dengan asumsi perhitungan jam, maka kita harus pandai menghitung dengan satuan jam, kalau kita tidak bisa menghitung jam kerja kita maka kita akan rugi.
Pada PT juga, misal : dalam satu bulan kita lembur sebanyak 8 hari, selama ... jam ... menit, maka kita harus pandai - pandai dalam menghitung jam kerja kita, salah satunya dengan microsoft exel ini


Kebetulan, yang akan saya gunakan adalah format yang saya gunakan pada sekolah,
Disekolah saya tempat bekerja sudah menggunakan sistem sidik jari, sehingga untuk menghitung kehadiran kerja, minimal 7 jam perhari, ini untuk jam PNS, untuk selain PNS itu tidak terikat jam kerja yang dihitung berdasarkan sidik jari, tapi berdasarkan perhitungan Jam Pelajaran


Ini adalah contoh sheet perhitungan jam kerja yang bisa juga untuk menghitung jam lembur
Catatan : biasanya jam lembur itu dihitung setelah jam pulang lewat 60 menit atau 1 jam kerja

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Sediakan kolom untuk perhitungan jam,
  • Pastikan kolom yang akan di hitung berdasarkan jam sudah diformat time, (sel yang akan dihitung diblok, kemudian baru di format cell)



  • Isikan seperti gambar,


Keterangan :
  • Cell B4 dan C4 adalah jam riil yang sudah ditentukan oleh Perusahaan
  • Cell D4 dan E4 adalah hasil scan dari fingerprint atau scan sidik jari
  • Cell H4 adalah jam lembur yang dihitung dari Cell J4 - I4
  • Cell I4 juga jam baku karena perhitungan jam C4 - B4
  • Cell J4 adalah hasil dari E4 - D4, Jika ini lebih kecil dari I4 maka berakibat fatal, karena yang bersangkutan tidak memenuhi sebanyak jam kerja yang diperlukan, dengan catatan J4 lebih besar dari I4 / J4 > I4
Untuk lebih jelasnya saya lampirkan berkas lengkapnya, yang bisa anda unduh disini
Video tutorialnya ada disini



Semoga bermanfaat,

0 Response to "Cara Menghitung Waktu Lembur"

Posting Komentar