PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY

Lesson Study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.

Jugyou Kenkyuu atau Lesson study adalah sebuah proses pengembangan profesional yang dilaksanakan oleh para pendidik dengan cara mengkaji/meneliti praktik pembelajaran secara sistematik.

Tujuan Jugyou Kenkyuu adalah meningkatkan keefektifan pengalaman/ hasil belajar peserta didik melalui kegiatan pembelajaran.

Sejarah singkat Lesson Study :
Lesson Study bermula di Jepang sebagai gerakan akar rumput yang dimaksudkan sebagai persiapan implementasi pembelajaran berpusat pada peserta didik. LS adalah suatu bentuk pengembangan profesi pendidik di Jepang dandiimporke AS oleh Makoto Yoshida sebagai bahan penelitian disertasinya di awal tahun 1990-an.
Karya Yoshida begitu menarik minat pembimbingnya, James Stigler, sehingga dia membentuk team untuk menganalisis perbedaan antara pembelajaran diAS dan di Jepang. Pada saat yang sama, Catherine Lewis menjadi berminat pada Lesson Study dan menulis artikel ilmiahnya yang pertama tentang Lesson Study pada tahun 1998. 
Pada tahun 1999, James Stigler dan James Hiebert menerbitkan buku ‘The Teaching Gap’; Yoshida menyelesaikan disertasinya dan membimbing kelompok LS yang dipandu secara kolaboratif di SD Paterson #2 di New Jersey. Sejak itu, Lesson Study menyebar ke 2300 guru di 335 sekolah di 32 negara bagian dan terus berkembang dengan berjalannya waktu.

TAHAPAN DALAM MELAKSANAKAN LESSON STUDY :
Tiga tahapan lesson study :
1.Perencanaan (plan)
- Identifikasi Masalah
- Mendiskusikan dalam Community Learning
- Sumbangan Pemikiran terhadap masalah
- Penyusunan lembar observasi
- Penyusunan perangkat pembelajaran
2.Pelaksanaan (do) dan Observasi
3.Refleksi (see)

Berikut gambaran mengenai Lesson Study digambarkan pada video Berikut :

 







Untuk contoh dan mungkin sebagai acuan Lesson Study bisa download berkasnya disini

Conten terkait : Kata-kata Mutiara dan Kalimat pilihan 7 Langkah meraih Rizki melimpah dan Halal Jadwal Imsakiyah Dairy Online Lawakan Khas Cilacap Banyumas dan Sekitarny Part I Lawakan khas cilacap banyumas dan sekitarnya Part II Prosedur Lesson Study

0 Response to "PROSEDUR PELAKSANAAN LESSON STUDY"

Posting Komentar