Sosok dan Kiprah

Sosok dan kiprah : Andre Dari Sanggar ke Sekolah Formal

Selamat bertemu kembali kawan-kawan penggemar Perspektif, Saya Wimar Witoelar dan tamu kita sekarang orang yang unik sekali bernama Andre Berusia 24 tahun. Walaupun berpenampilan sangat menyenangkan, bebas, popular, dan berseni, dia seorang guru musik ekstrakurikuler disekolah Dasar (SD) di Jakarta Selatan. Dia bukan guru biasa karena hanya berpendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sekali-kali masih suka turun ke jalan untuk mengamen.
Dari mana Andre mempunyai hubungan dengan SD tersebut?
Kebetulan salah satu orang tua murid di sana adalah sahabat Sanggar Anak Akar. Jadi, kita dikenalkan dan memang banyak volunteer-volunteer (sukarelawan). Dalam arti, yang menjadi guru di sanggar itu kebanyakan guru-guru juga.
Dimana lokasi sanggarnya?

Di Kali Malang, Jakarta Timur. Nah, dari situ aku diberi waktu satu minggu oleh sekolah untuk menemani murid-murid kelas dua SD membuat aransemen.
Kapan Anda mulai menemani mereka?
Itu belum lama pada pertengahan tahun 2005. Sebelum menjadi guru ekstrakurikuler, kita melatih mereka dulu. Ya sudah, aku coba saja. Aku bersyukur karena teman-teman kelas dua SD tersebut juga memang kompak dan sebenarnya anak-anak kecil ini punya bakat, tetapi kesempatan dan kebebasan yang kurang didapat. Nah, akhirnya aku member kebebasan. Aku memakai metode memberikan mereka kebebasan untuk bermain musik. Mau main apa saja terserah dan nanti digabungkan ritmenya atau tempo yang mengatur musik. Akhirnya, bisa dan kepala sekolah melihat hasil itu dalam waktu satu minggu.
Sanggar itu memiliki bermacam-macam kegiatan dan macam-macam bakat yang disalurkan. Apakah Andre memang khusus di bidang musik?


1 Response to "Sosok dan Kiprah"