MODEL PEMBELAJARAN BARU 1

Dalam melaksanakan pembelajaran seorang guru perlu melakukan beberapa model pembelajaran kepada siswa, agar siswa tidak terlalu bosan dengan pembelajaran monoton yang dilakukan oleh guru.
Berikut ini adalah beberapa model pembelajaran baru dan cara melakukannya :

1.     KARTU ARISAN
Media : - Buat kartu (10 x 10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan kartu/kertas ukuran 5 cm x 5 cm untuk menulis soal
- Gelas
Kartu Arisan,

Langkah – langkah :
1.      Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen
2.      Kertas jawaban bagikan pada siswa masing – masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3.      Gelas yang sudah berisi soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang kartu jawaban
4.      Apabila jawaban benar maka siswa dipersilahkan tepuk tangan
5.      Setiap jawaban yang benar siswa diberi point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan point dari para anggotanya
6.      Dan seterusnya


2.     EXAMPLE NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan KD/K
Example

Langkah - langkah :
1.      Guru mempersiapkan gambar- gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP
3.      Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4.      Memalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.      Tiap kelompok diberi kesempatan membaca hasil diskusinya.
6.      Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan  yang ingin dicapai

7.      Kesimpulan


3.   PICTURE AND PICTURE
Media : Gambar-gambar yang berkaitan dengan KD/Indikator pembelajaran
Langkah - langkah :
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Menyajikan materi sebagai pengantar
3.      Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan materi
4.      Guru menunjuk/memanggil siswa secar bergantian
5.      Memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
6.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gamabar tersebut
7.      Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
8.      Kesimpulan

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 1"

Posting Komentar