POLA MAKAN SEIMBANG ADALAH CIRI HIDUP SEHAT

Kesehatan adalah harta termahal yang baru kita rasakan setelah sakit datang melanda. Makannya sebelum penyakit melumpuhkan keceriaan hari-hari kita, tindakan pencegahan merupakan keharusan. Adalah pola makan seimbang yang menjadi kunci sehat. Bahkan sebenarnya tak hanya makan seimbang, tapi hidup kita pun harus seimbang. Antara bekerja, beristirahat, dan bersosialisasi harus proporsional.
Pola Makanan Seimbang adalah ciri hidup sehat

MAKAN TIDAK HANYA PERUT ASAL KENYANG, TAPI HARUS DIPERHATIKAN PULA KANDUNGAN GIZINYA.

MAKANAN SEHAT CEGAH KEPIKUNAN DINI
Tak semua makanan bisa membuat tubuh sehat, ada juga makanan yang kalau dikonsumsi akan membahayakan tubuh. Keseringan mengkonsumsi makanan yang kandungan gizinya kurang, selain menyebabkan kondisi tubuh menurun, juga bisa membuat organ tubuh tidak berfungsi dengan baik. Misalnya kita jadi mudah lupa. Kelihatannya sepele, tapi bila terus dibiarkan, bisa jadi kemunduran ingatan seseorang atau kepikunan dini. Solusinya, biasakan mengkonsumsi makanan secara seimbang dan olahraga teratur.
Makanan sehat yang diperlukan tubuh harus mempunyai kandungan zat-zat sebagai berikut :
  1. Harus kaya akan zat antioksidan yang terdapat pada sayuran berdaun hijau, umbi-umbian, buah-buahan yang berwarna orange dan merah.
  2. Kaya vitamin B kompleks, Vitamin B 12 dan kolin merupakan bahan baku untuk memproduksi asetilkolin, yaitu neurotransmitter yang berperan dalam fungsi mengingat. Vitamin B banyak terdapat dalam padi-padian (beras merah, gandum), sayur berdaun hijau, kacang-kacangan, telur, dan ragi.
  3. Protein yang tepat. Hal ini berfungsi untuk mempertajam ingatan dan kesehatan. Karenanya kita harus memilih bahan makanan yang kaya protein namun rendah lemak, seperti kedelai dan hasil olahannya (tempe, tahu, susu kedelai), susu rendah lemak, dan kacang-kacangan kecuali kacang tanah.
  4. Karbohidrat kompleks. Jenis ini mengandung asam amino triptofan yang bekerja untuk merangsang produksi serotonin sehingga pikirandapat dikonsentrasikan. Karbohidrat kompleks terkandung banyak pada nasi, mie, pasta, sayur, dan buah.
  5. Asam lemak omega-3 dan omega-6. Kandungan makanan ini merupakan asam lemak tidak jenuh, yang bisa mencegah kerusakan sel pada otak. Asam lemak omega-3 dan omega-6 terdapat pada kacang kedelai dan hasil olahannya (tahu, tempe, dan susu kedelai) serta ikan laut dalam.
  6. Jangan lupa perbanyak minum air putih.
DIET AMAN UNTUK REMAJA
Usia remaja merupakan masa pertumbuhan tubuh yang membutuhkan banyak kandungan gizi dan energi. Tak aneh jika pada masa-masa ini, kita banyak sekali makan, yang jika tidak dikontrol bisa berakibat badan kegemukan ujung-ujungnya obesitas. Maka diet adalah salah satu cara untuk mengatasinya. Asal, dikonsultasikan dengan ahli gizi dan dokter supaya tidak salah kaprah.

Berikut adalah diet yang aman buat remaja :
  1. Konsumsilah makanan seperti biasa, hanya saja jumlah kalorinya dikurangi sedikit.
  2. Kurangi asupan lemak. Karena tubuh memerlukan lemak, maka diet dengan mengurangi lemak lebih baik daripada tanpa lemaksama sekali.
  3. Konsumsi makanan yang sehat.
  4. olahraga yang teratur.
  5. Tetap minum susu, karena usia remaja masih dalam masa pertumbuhan.
  6. Perbanyak minum air putih.

0 Response to "POLA MAKAN SEIMBANG ADALAH CIRI HIDUP SEHAT"

Posting Komentar