Dalam melaksanakan pembelajaran seorang guru perlu melakukan beberapa model pembelajaran kepada siswa, agar siswa tidak terlalu bosan dengan pembelajaran monoton yang dilakukan oleh guru.
Berikut ini adalah beberapa model pembelajaran baru dan cara melakukannya :
1. KARTU ARISAN
Media : - Buat kartu (10 x 10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan
kartu/kertas ukuran 5 cm x 5 cm untuk menulis soal
- Gelas
Langkah – langkah :
1. Bentuk kelompok 4 orang secara heterogen
2. Kertas jawaban bagikan pada siswa masing –
masing 1 lembar / kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang sudah berisi soal dikocok,
kemudian salah satu yang jatuh, dibacakan agar dijawab oleh siswa yang memegang
kartu jawaban
4. Apabila jawaban benar maka siswa
dipersilahkan tepuk tangan
5. Setiap jawaban yang benar siswa diberi
point 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan
penjumlahan point dari para anggotanya
6. Dan seterusnya
2.
EXAMPLE NON EXAMPLES
Contoh dapat dari kasus/gambar yang
relevan dengan KD/K
Langkah - langkah :
1. Guru mempersiapkan gambar- gambar sesuai
dengan tujuan pembelajaran
2. Guru menempelkan gambar di papan atau
ditayangkan lewat OHP
3. Guru memberi petunjuk dan memberi
kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4. Memalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa,
hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5. Tiap kelompok diberi kesempatan membaca
hasil diskusinya.
6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa,
guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan
yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
3. PICTURE AND PICTURE
Media : Gambar-gambar yang berkaitan dengan KD/Indikator pembelajaran
Langkah - langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan materi
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secar
bergantian
5. Memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi
urutan yang logis
6. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran
urutan gamabar tersebut
7. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru
memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
8. Kesimpulan
0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 1"
Posting Komentar