10. ROLE PLAYING
Langkah – langkah :
1. Guru menyusun sekenario yang ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari
sekenario dua hari sebelum KBM
3. Guru menunjuk kelompok siswa yang
anggotanya 5 orang
4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi
yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk
melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6. Masing – masing siswa duduk dikelompoknya,
masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan, masing –
masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8. Masing – masing kelompok menyampaikan
hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup
11. TALKING STIK
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyiapkan materi pokok yang akan
dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan
mempelajari materi pada pegangganya/paketnya
3. Setelah selesai membaca buku dan
mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan
kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang
tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5. Guru memberikan kesimpulan
6. Evaluasi
7. Penutup
12. BERTUKAR
PASANGAN
Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru
biasa menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2. Guru memberikan tugas dan siswa
mengerjakan tugas dengan pasangannya
3. Setelah selesai pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan
masing – masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengkukuhkan
jawaban mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran
pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 4"
Posting Komentar