MODEL PEMBELAJARAN BARU 4

10.   ROLE PLAYING
Model Pembelajaran Role Playing

Langkah – langkah :
1.    Guru menyusun sekenario yang ditampilkan
2.     Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari sekenario dua hari sebelum KBM
3.     Guru menunjuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4.      Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5.      Memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan sekenario yang sudah dipersiapkan
6.      Masing – masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati sekenario yang sedang diperagakan
7.    Setelah selesai dipentaskan, masing – masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk dibahas
8.      Masing – masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9.      Guru memberikan kesimpulan secara umum
10.  Evaluasi
11.  Penutup


11.      TALKING STIK
Langkah – langkah :
1.      Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.      Guru menyiapkan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangganya/paketnya
3.  Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya
4.      Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.      Guru memberikan kesimpulan
6.      Evaluasi
7.      Penutup

12.  BERTUKAR PASANGAN
Model Pembelajaran Baru ke siswa

Langkah – langkah :
1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangan atau siswa menunjukkannya)
2.      Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3.      Setelah selesai pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4.   Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing – masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengkukuhkan jawaban mereka

5.   Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula

0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 4"

Posting Komentar