7. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan
alternatif jawaban
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin
dicapai
2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang
akan ditanggapi oleh siswa/sebaliknya permasalhan yang mempunyai alternatif
jawaban
3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3
orang
4. Tiap kelompok menginventaris/mencatat
alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok
tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan
mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6. Dari data-data di papan siswa diminta
membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai kensep yang diberikan
guru.
8.
MAKE A MATCH (Mencari pasangan)
Langkah – langkah :
1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal kartu
yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan
kartunya
5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan
kartunya sebelum batas waktu diberi point
6. Setelah satu babak kartu dikocoklagi agar
tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan
9. DEBATE
Langkah – langkah :
1. Guru membagi dua kelompok peserta debat yang
satu pro dan satu lainya kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membacakan
materiyang kan didebatkan oleh kelompok diatas
3. Setelah selesai membaca materi. Guru
menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi
atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar
siswa bisa mengemukakan jawabannya
4. Sementara siswa menyampaikan gagasanya
guru menulis ide-ide dari setiap pembicaraan dipapan tulis. Sampai sejumlah ide
yang diharapkan guru terpenuhi
5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum
terungkap
6. Dari data-data dipapan tersebut, guru
mengajak siswa membuat kesimpulan /rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin
dicapai.
0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 3"
Posting Komentar