4. COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif, merupakan metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan
bergantian secara lisan mengihtisarkan, bagian-bagian dari materi yang
dipelajari.
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa
untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang
pertma berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara membacakan ringkasannya
selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
a. Menyimak/mengkoreksi/menunjukkan ide-ide
pokok yang kurang lengkap
b. Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
5. Bertukar peran,semula sebagai pembicara
ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas
6. Kesimpulan
5.
KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi
Numbered Head Together)
Langkah – langkah :
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap
kelompok mendapat nomor.
2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa
berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
3. Misalnya : Siswa nomor satu bertugas
mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan
hasil pekerjaan dan seterusnya.
4. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerjasama
antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama
beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa
dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama
mereka.
5. Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari
kelompok yang lain.
6. Kesimpulan
6. ARTIKULASI
Langkah – langkah :
1. Menympikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai
2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa,
bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
4. Suruhlah seseorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lain.
5. Suruh siswa secara bergantian/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa
sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi
yang sekirannya belum dipahami siswa.
7. Kesimpulan
0 Response to "MODEL PEMBELAJARAN BARU 2"
Posting Komentar